Materi yang di bawakan oleh tutorial 1 adalah mengenai Microsoft Exel 2007,antara lain ; 1. Mengenai Microsoft Excel Microsoft Excel 2007 merupakan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ) terpopuler dan canggih saat ini. Excel merupakan produk unggulan dari Microsoft Corporation yang banyak berperan dalam pengelolaan informasi, khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan. 2.Pengenalan tentang fitur-fitur baru yang terdapat di Microsoft Excel 2007 antara lain ; a. Desain jendela atau antar buka ( Iterface ) b. Jumlah kolom dan baris yang lebih banyak c. Format file baru d. Penulisan formula yang lebih banyak e. Office Themes dan Excel Styles f. Pengaturan dan penyaringan data yang canggiha g. Tampilan grafik yang lebih baik h. PivotTable yang lebih mudah digunakan dan sebagainya. Gambar 1.1 fitur-fitur yang terdapat di Microsoft Excel 2007 3. Microsoft Office Button Adalah sebuah tombol yang terletak di posisi kiri atas jendela Microsoft Excel 2007. jika tombol ini di klik akan menampilkan menu, antara lain ; a. New, digunakan untuk membuat buku kerja ( Workbook ) atau file baru. b. Open, digunakan untuk membuka sebuah buku kerja atau file yang telah dibuat. c. Save, digunakan untuk menyimpan buku kerja/file. d. Save As, digunakan untuk menyimpan buku kerja atau file dengan nama lain. e. Print, digunakan untuk mencetak data. f. Prepare, digunakan untuk mempersiapkan buku kerja/file dalam proses distribusi. g. Send, digunakan untuk mengirim buku kerja melalui internet atau fax. h. Publish, digunakan untuk mengatur proses publikasi buku kerja/file. i. Close, digunakan untuk menutup buku kerja atau file yang sedang aktif. Gambar 2.1 Microsoft Office Button 4. Grafik/Chart Adalah sebuah gambar yang menjelaskan data dalam bentuk angka yang terdapat dalam suatu lembar kerja. macam-macam grafik/chat, yaitu ; a. Column Chart b. Line Chart c. Bar Chat d. Pie Chart e. Area Chat f. Scatter Chat g. Other Chat : Stock, Surface, doughnut, bubble, Radar. Gambar 3.1 macam-macam Grafik/Chart 5. Formula atau rumus-rumus dalam Microsoft Excel 2007 a. Mengenai Formula IF IF adalah fungsi logika untuk memilih satu dari dua nilai berdasar pengujian logika. bentuk penulisannya : * =If(Uji Logika;nilai jika benar;nilai jika salah) contoh =IF(C4>70;"lulus";"gagal"), akan menghasilkan "lulus" jika C4>70, jika C4 kurang dari 70 maka hasilnya "gagal". Gambar 4.1 Penerapan Formula IF Bentuk penulisan Fungsi IF yang dikembangkan dengan tambahan salah satu fungsi AND ( dan ) atau OR ( atau ) * =IF(AND(Test logika1;test logika2);nilai jika benar;nilai jika salah) contoh : Gambar 4.2 IF AND * =IF(OR(Test Logika1;Test Logika2);Nilai jika benar;Nilai jika salah) contoh : Gambar 4.3 IF OR b. Mengenal formula AVERAGE Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata aritmetic mean atau mean dari sekumpulan ( dapat berupa sel atau range ). bentuk penulisannya : * =AVERAGE(number1;number2;...) contoh : Gambar 4.4 Penerapan Rumus AVERAGE c. Mengenai Formula VLOOKUP * =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num) contoh : Gambar 4.5 Penerapan Rumus VLOOKUP Setelah tutorial kelompok 1 mempersentasikan modul, kemudian tutorial memberikan soal-soal post test untuk dikerjakan, tujuan mengerjakan ini adala sebagai acuan bagi tutorial untuk menilai keberhasilan mereka dalam mempersentasikan materi. Soal-soal Post Test yang diberikan oleh tutorial kelompok 1 sebagai berikut ; 1. Hitunglah jual buku dengan tabel diskon yang ada di tabel bantu bawah ini dengan menggunakan salah satu rumus yang tersedia di Microsoft Excel. Gambar 5.1 soal post test Penyelesaiannya : Gambar 5.2 Penyelesaian soal 1 Gambar 5.3 Penyelesaian soal 1 post test 2. Lengkapilah tabel perkalian dibawah ini, dengan ketentuan hanya boleh menuliskan satu rumus kemudian di salin ke seluruh area. Gambar 6.1 soal post test Penyelesaiannya : Gambar 6.2 penyelesaian soal 2 post test Totorial kelompok 1 dalam mempersentasikan modul mengenai Microsoft Excel 2007 masih memiliki kekurangan diantaranya masih kurang variatif dalam menyampaikan materi, ini terlihat dari masih kurang kompaknya dalam pembagian tugas untuk persentasi, karena hanya satu orang saja dari anggota kelompok 1 yang mempersentasikan modul mereka mengenai Microsoft Excel, dan dalam mempersentasikan modul ini suara tidak terdengar sampai belakang, sehingga materi yang di dapat tidak seberapa jelas. Saran untuk tutorial kelompok 1 adalah dalam mempersentasikan materi yang akan di bawakan, sebelumnya harus di persiapkan dengan sebaik-baiknya, agar pembagian tugas antara anggota menjadi lebih jelas dan lebih variatif, sehingga persentasi yang di bawakan menjadi lebih menarik dan anggota-anggota kelompok 1 pun dapat menguasai materi dengan baik.
Materi yang di bawakan oleh tutorial 1 adalah mengenai Microsoft Exel 2007,antara lain ;1. Mengenai Microsoft Excel
Microsoft Excel 2007 merupakan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ) terpopuler dan canggih saat ini. Excel merupakan produk unggulan dari Microsoft Corporation yang banyak berperan dalam pengelolaan informasi, khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan.
2.Pengenalan tentang fitur-fitur baru yang terdapat di Microsoft Excel 2007 antara lain ;
a. Desain jendela atau antar buka ( Iterface )
b. Jumlah kolom dan baris yang lebih banyak
c. Format file baru
d. Penulisan formula yang lebih banyak
e. Office Themes dan Excel Styles
f. Pengaturan dan penyaringan data yang canggiha
g. Tampilan grafik yang lebih baik
h. PivotTable yang lebih mudah digunakan dan sebagainya.
Gambar 1.1 fitur-fitur yang terdapat di Microsoft Excel 2007
3. Microsoft Office Button
Adalah sebuah tombol yang terletak di posisi kiri atas jendela Microsoft Excel 2007.
jika tombol ini di klik akan menampilkan menu, antara lain ;
a. New, digunakan untuk membuat buku kerja ( Workbook ) atau file baru.
b. Open, digunakan untuk membuka sebuah buku kerja atau file yang telah dibuat.
c. Save, digunakan untuk menyimpan buku kerja/file.
d. Save As, digunakan untuk menyimpan buku kerja atau file dengan nama lain.
e. Print, digunakan untuk mencetak data.
f. Prepare, digunakan untuk mempersiapkan buku kerja/file dalam proses distribusi.
g. Send, digunakan untuk mengirim buku kerja melalui internet atau fax.
h. Publish, digunakan untuk mengatur proses publikasi buku kerja/file.
i. Close, digunakan untuk menutup buku kerja atau file yang sedang aktif.
Gambar 2.1 Microsoft Office Button
4. Grafik/Chart
Adalah sebuah gambar yang menjelaskan data dalam bentuk angka yang terdapat dalam suatu lembar kerja.
macam-macam grafik/chat, yaitu ;
a. Column Chart
b. Line Chart
c. Bar Chat
d. Pie Chart
e. Area Chat
f. Scatter Chat
g. Other Chat : Stock, Surface, doughnut, bubble, Radar.
Gambar 3.1 macam-macam Grafik/Chart
5. Formula atau rumus-rumus dalam Microsoft Excel 2007
a. Mengenai Formula IF
IF adalah fungsi logika untuk memilih satu dari dua nilai berdasar pengujian logika.
bentuk penulisannya :
* =If(Uji Logika;nilai jika benar;nilai jika salah)
contoh
=IF(C4>70;"lulus";"gagal"), akan menghasilkan "lulus" jika C4>70, jika C4 kurang dari 70 maka hasilnya "gagal".
Gambar 4.1 Penerapan Formula IF
Bentuk penulisan Fungsi IF yang dikembangkan dengan tambahan salah satu fungsi AND ( dan ) atau OR ( atau )
* =IF(AND(Test logika1;test logika2);nilai jika benar;nilai jika salah)
contoh :
Gambar 4.2 IF AND
* =IF(OR(Test Logika1;Test Logika2);Nilai jika benar;Nilai jika salah)
contoh :
Gambar 4.3 IF OR
b. Mengenal formula AVERAGE
Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata aritmetic mean atau mean dari sekumpulan ( dapat berupa sel atau range ).
bentuk penulisannya :
* =AVERAGE(number1;number2;...)
contoh :
Gambar 4.4 Penerapan Rumus AVERAGE
c. Mengenai Formula VLOOKUP
* =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num)
contoh :
Gambar 4.5 Penerapan Rumus VLOOKUP
Setelah tutorial kelompok 1 mempersentasikan modul, kemudian tutorial
memberikan soal-soal post test untuk dikerjakan, tujuan mengerjakan ini
adala sebagai acuan bagi tutorial untuk menilai keberhasilan mereka
dalam mempersentasikan materi.
Soal-soal Post Test yang diberikan oleh tutorial kelompok 1 sebagai berikut ;
1. Hitunglah jual buku dengan tabel diskon yang ada di tabel bantu bawah
ini dengan menggunakan salah satu rumus yang tersedia di Microsoft
Excel.
Gambar 5.1 soal post test
Penyelesaiannya :
Gambar 5.2 Penyelesaian soal 1
Gambar 5.3 Penyelesaian soal 1 post test
2. Lengkapilah tabel perkalian dibawah ini, dengan ketentuan hanya boleh
menuliskan satu rumus kemudian di salin ke seluruh area.
Gambar 6.1 soal post test
Penyelesaiannya :
Gambar 6.2 penyelesaian soal 2 post test
Totorial kelompok 1 dalam mempersentasikan modul mengenai Microsoft
Excel 2007 masih memiliki kekurangan diantaranya masih kurang variatif
dalam menyampaikan materi, ini terlihat dari masih kurang kompaknya
dalam pembagian tugas untuk persentasi, karena hanya satu orang saja
dari anggota kelompok 1 yang mempersentasikan modul mereka mengenai
Microsoft Excel, dan dalam mempersentasikan modul ini suara tidak
terdengar sampai belakang, sehingga materi yang di dapat tidak seberapa
jelas.
Saran untuk tutorial kelompok 1 adalah dalam mempersentasikan materi
yang akan di bawakan, sebelumnya harus di persiapkan dengan
sebaik-baiknya, agar pembagian tugas antara anggota menjadi lebih jelas
dan lebih variatif, sehingga persentasi yang di bawakan menjadi lebih
menarik dan anggota-anggota kelompok 1 pun dapat menguasai materi dengan
baik.
0 comments:
Post a Comment